Udah bukan rahasia umum, kalo media yang ada saat ini, emang udah menurun kredibilitasnya. Gak media cetak, gak media elektronik.
Dulu ya, waktu jamannya pos kota, yang ada kolom lembergar nya itu, yang kalo almarhum bokap gw beli, sampe rebutan kalo mau baca.
Dulu, gw pikir, gw kira, gw rasa, pos kota adalah koran yang apalah apalah. Selain cetakan gurem banget, terkesan celemengen. Saile, bahasa apaan tuh? Terkesan, ala kadarnya gitu. Juga berita kriminalnya rada vulgar. Iklannya itu kagak nahan cuy! Itu iklan bejejer ngalahin antrian sembako! Tapi, belakangan gw tau kalo yah itulah strateginya, sebagai koran rakyat segala kalangan yang melegenda. Dan, gw yakin dulu itu loper koran, pasti suka keabisan stok karena tuh koran ludes dalam tempo yang se singkat singkatnya. Mungkin, saingannya yang utama kompas. Tapi, gw tau banget, kompas beda segmen. Jadi, boleh di bilang, dua media cetak ini lagi jaya jayanya.
Semakin kemari, eh, gak taunya, bermunculan koran aneh bin nyeleneh yang tata bahasanya gak lebih baik dari blog ini. Coba deh kalo misalnya ada berita pemerkosaan, judulnya pasti nyeleneh, vulgar dan koplak.
NENEK LAGI MANDI. LUPA BAWA HANDUK. HANDUKNYA DI BAWAIN TETANGGANYA. GAK ADA ORANG TAU TAU NEPSONG. DI PERKOSA. SI NENEK DIEM AJA. KETAUAN SAMA SI KAKEK. ADA BATU DI GETOKIN KE TETANGGA. TETANGGANYA TEWAS. KAKEKNYA DI BUI.
Apa seeeeeeeeeh??????
Eh, gak lama yang merah itu di komplen. Ganti yang ijo. Dengan bahasa sedikit lebih sopan (sedikit banget, yang tadinya mampus jadi is dead!) tapi isi berita tetep sama. Nah, berhubung sekarang jaman digital, yang harusnya malah lebih bonafide dan kredibel. Alih alih berdalih naikin standart, eeeeeh malah melahirkan para jurnalis kelas kakap kali ciliwung!
Yah, portal berita masih ada walo cuma segelintir yang memegang teguh etika jurnalistik, yang data datanya valid dan gak terburu buru angkat berita. Prinsipnya sih, media itu emang siapa yang paling punya berita heboh, sensasional, dan paling update dia lah yang unggul. Apalagi, di salah satu portal, nurunin berita pake di cicil cicil. Mau kredit panci loe??
Simpelnya, semakin rame restoran maka pelayanannya akan semakin buruk dan semakin turun cita rasanya. Kalo yang di kejer profit oriented. Tapi, kalo yang di kejar kualitas, dan di imbangi dengan human resources yang expert. Maka, yang seperti itulah yang akan long lasting dan survive.
Gw pribadi rela bayar lebih mahal untuk ngedapetin sesuatu yang berkualitas ketimbang sesuatu yang gratis tapi malah bikin tumpul otak. Elo mau gratisan, ya, sampe kapanpun kaga bakal ada yang namanya gratisan itu berkualitas. Sampe kapanpun, gak ada ceritanya yang murah itu berkualitas tinggi. Yang berkualitas tinggi tapi lebih murah dari yang lainnya ada. Tapi, just in case, elo ngarep desain template blog lo bakalan lebih keren dan atraktif dengan layanan blog gratisan, MIMPI!!
Mindset kek gini lah yang jadi benang merah postingan gw. What do u expect siy dari sesuatu yang gratis. Itu cuma reward, itu cuma pancingan, itu cuma foreplay, itu sekedar promote. Gw juga suka gratisan. Free of charge for something we don't know yet its fine, since we already know more benefit if we pay then why not? (tau dah tuh inggrisnya bener apa kagak, pan gw ikut ikutan aja biar keren) Itu fungsi gratis! Tapi, namanya tipikal indo kebanyakan, di kasih ati minta jantung, di kasih gratis minta lebih lagi. Ya mana bisa begitu vroooo.
Ada harga, ada rupa jeng!! Mahal dan murah itu relative. Mungkin, bagi gw makan di X yang harus bayar 30.000 lebih mahal bagi kebanyakan orang yang biasa makan di warteg. Tapi, its okay,,asal lebih terjamin, higienis, dan nyaman. Gw jadi inget si sacha stevenson, bule kanada yang stay di mari dan cinta indonesia. Doi bikin video tentang kebiasaan dan prilaku sehari hari kite yang ajaib. Ada di salah satu video how to act indonesian yang nyambung sama postingan gw.
Pertama, tentang tukang makanan yang suka bawa gerobak dan ngetem. Itu piring di tumpuk, di cuci ala kadarnya dengan air se ember dan di bilas lagi dengan air yang sama. Gw mau muntah liatnya. Makanya, kaga pernah dah lo liat gw lagi makan di pinggir jalan kecuali yang emang gw tau banget kebersihannya. Walopun masih di bawah standar gw. Tapi, masih mendinglah, ketimbang nyuci di satu ember. Hiiiy. Mending gw take away deh. Itu juga belom tentu aman, karena gw tau sekarang banyak banget pedagang kurang wuaaaajaaar yang suka seenaknya nyampurin semen, pasir, bata, kusen ke makanannya. Mau bangun rumah loe???
Kedua, yah, si sacha ceritanya lagi makan indomie telor di warkop. Harganya cuma 7000 doang sih. Tapi, saking banyaknya pengamen, tukang minta minta dateng harganya jadi 15.000 ckckck! Niat mau hemat malah jadi tekor! Wkwkwkwk,,,kalo video yang ini gw tonton terkadang di situ saya merasa sedih.
Nah, dari clue di atas, media, makanan, harga, gw yakin loe pasti tau kemana arah postingan ini. Sok bener ya gw pake bikin alur cerita sekelas rectoverso. Baca juga belom pernah.
Ini yang lagi di bahas di dunia maya. Tau sendiri kan tipikal kita yang hobby nge bully. Apalagi, baru baca judul langsung komentar aje saking malesnya baca. Kadang, kalo ada topik yang hot, emang malah lebih seru baca komentarnya sih. Semua mengklaim paling pinter, paling bener, yah, pokoknya, kalo perang komentar seru deh. Gw juga kadang suka kebawa dan ikutan. Fyi, komentar gw itu banyak yang like loh. Hahaha. Tapi, tujuannya bukan itu sih. Though I knew that so wasting time, tapi gpp lah daripada emosi gw tahan tahan. Dan, gw gak kasar juga kalo kasih komentar. Gw sih main cantik maju cantik mundur caaaaantiiiik. #nyeburgot
Terakhir, yang banyak di komentarin, soal makan di restoran M yang katanya mahal. Emang, media kompor ketemu jurnalisnya juga meleduk. Walhasil, kompor meleduk lah nih berita. Gak perlu gw ceritain detil ya. Loe googling sendiri aja, ayo jangan malas jenderal!
Nah, yang gw tangkep, dan menurut logika gw yang paling gampang. Ini bukan masalah kesalahpahaman, ini masalah ketidak terimaan atau ke takjuban, atau ke lebayan satu pihak a.k.a si oknum yang jadi pelanggan tu resto.
- Kenapa di awal gak ada komplen, kalo merasa kecewa? Atau, jangan bilang loe komplen karena pas loe cerita ke temen2 loe, temen loe yang ember baskom itu nyuruh loe posting bill biar tu restoran meleduk.
- Ya, restoran itu meleduk di awal dan berbalik mendapat simpati di akhir, sedangkan elo endingnya di bully dan gw yakin tidur loe semalem gak nyenyak.
- Kalo aja itu restoran, di isi oleh sdm yang evil dan serakah seperti yang loe bayangin. Dia pasti udah nuntut elo dan nge sue elo atas tuntutan pencemaran nama baik. But, see there is no bad intentions by them.
- Kenapa masalah gak di selesaikan secara internal, tapi malah langsung loe publish kemana mana? Gw yakin kredibilitas elo akan turun, dan perusahaan elo akan menilai elo suatu saat bisa jadi ancaman bagi mereka.
- Belajar dari kasus sebelumnya. Dan, minta maaf aja langsung, kaya dinda vs ibu hamil tuh. Apa jangan2 elo dinda??? hayo mengaku!????
Tiba tiba gw laper, jadi gw sudahi dulu, randomness ini dengan satu yang pasti.
Bahwa, matahari terbit dari timur. Gw laper mau makan semur!
ps: bukan plaza senayan, bukan pasar senen dan bukan pula play station.
ciaaaaaaoooooobeeeeelllaaaaaaa
Koran jakarta post dung ato bisnis indonesia.. *gaya ckckck
ReplyDelete