Sebenernya sih gak gitu2 juga kaleee,,,
Ada banyak kejadian seru sih yang gue lewatin, pasca pilpres 2014 yang juga seru bingit. Hahaha,,,padahal di bilang banyak kerjaan sih gak juga, lha wong kerjaan gw juga based on sitcon. Kalo lagi rame ya kerja, kalo sepi ya gini, posting hal hal yg ngehits, sekalian ngasah kemampuan ngeblog. Dari dulu sampe sekarang ya gitu2 aja. Ya, emang gak perlu lebay juga sih bikin blog, Sekedar nyalurin hobi plus ya apalagi kalo bukan iseng.
Anyway, hal yang menarik atensi gue kali ini adalah hal yang terkait dengan dunia kerja gue juga, Makanya gue ikutan beropini. Kisah ini dateng dari ujung barat pulau jawa, di mana wiro sableng dan sinto gendeng bertemu untuk pertama kalinya,,,ciye ciye,,
Kabarnya, seorang netizen yang tengah berlibur menjadi korban keberingasan para pedagang, dalam hal ini rumah makan lokal. Yang mana, sang penjual seenak jidatnya ngasih harga sampe tembus 1 juta pas. Begitu di sodorin bon sejumlah itu, si pemakan, eh, si pembeli maksudnya, langsung kayang sambil bilang wow. Gak mau kalah si penjual juga salto ke lingkaran api sambil makan beling. Nah lho.
Alih alih berdalih kenyang, si korban malah pasang foto profil "SAKITNYA TUH DI SINI" sambil megang dompet. Ya, terang aja kejadian ini langsung di pajang di fb dan curhat betapa sakitnya makan di getok harga. Mending makanannya enak gitu, mending yang bawain nampan justin timberlake pikirnya, mending dapet voucher menginap??? Intinya, nyesek banget dan gak lagi lagi deh. Dia juga menyarankan untuk berhati hati setiap makan di tempat yang ga jelas asal usul bibit bebet bobotnya.
Tadinya, gue sempet menggoblok gobloki korban (kesian ya udah kena getok di goblokin pula). Alasannya ya mereka kan makan rombongan, dan udah pada punya pengalaman hidup lah ya, udah makan asam garam kehidupan yang lumayan lah kalo di liat dari usianya. Masa iya, gak ada pikiran untuk mastiin harga, secara itu kan udah bukan rahasia umum kalo tempat wisata kek gitu ya tau sendiri lah pedagangnya. Apalagi di ancol, pada kompakan pula. Nah, ternyata selidik punya selidik, dia itu udah nanya sama empu gandring,,eh empunya warung berapa tuh harga makanannya. Duh, kalo gue di sana gue pasti pengen raup tuh muke pedagang gile. Soalnya, ini kan makanan ya, kalo jual makanan pamali ambil untung banyak2, beda kalo jual mobil,motor,elektronik etc. Nah, si empunya itu jawab dah tuh katenye harganye normal. (ngape gue jadi betawi gini ye?). Mendengar jawaban tersebut, ya udah deh tuh di pesen lah makanan buat dia orang. Ternyata,,,,,,,,
Nah,,maka dari itulah,, dari dulu gue udah tau model model pedagang kek begini. Sikap kritis gue muncul sejak masih SD. Waktu itu, gue di ajak bonyok,,(bokap nyokap) ke luar kota. Kita naik bus dan di terminal kek ada iuran peron kan tuh. Gua mikir, nih orang pake seragam mintain duit emangnya siapa? Supir bukan, kenek bukan, sodara bukan, temen bukan, seenaknye aja minta duit. Mana waktu itu kan gak ada duit kecil, jadilah bayar lebihan walau dengan agak terpaksa. Ya, kalo itu sih pungli, bukan getok harga, tapi ya uud juga. Ujung ujungnya duit juga. Dan budaya itu buktinya masih tetap lestari sampe sekarang. Akibatnya, mungkin nih, jadi suatu mata rantai. Dari pedagang yang di mintain pungutan, di bebankan ke konsumen, konsumen di bebankan ke tempat dia kerja, bisa jadi di mark up, ya itulah jadinya melebar ke korupsi. Mental balas dendam dan cari selamet sendiri.
Ya, emang sih di pikir2, kesalahan ada pada pedagang itu, tapi seharusnya kita mampu meminimalisir kejadian kek gitu kedepannya. Walopun, sesungguhnya, para pedagang itu juga punya etika. Mmmmm,,,,tapi, ya kadang gue juga suka kesianan kalo liat pedagang2 yang nyari untung gak seberapa tapi customer maunya seabrek-abrek. Kadang, kalo di liat dari segi profesional, ya sebagai konsumen kita pasti maunya yang terbaik lah ya, tapi, lagi lagi gue mikir, yah namanya juga manusia bukan robot. Punya emosi. Siapa tau, dia lagi bad day, jadi moodnya jatoh. Pas ngelayanin orang yang tingkahnya model syahrini bikin sebel jadi di kerjain. Kadang, gue mentolerir para pegawai2 yang tugasnya berat, capek, jadinya mungkin ekspresi yang keluar asem bener. Kadang, gue suka geregetan sama pegawai yang leletnya minta ampun. Yang gak ada inisiatifnya. Wah, kalo urusan komplen meng komplen, mah gue sering bener komplen. Apalagi kalo belanja di minimarket. Pokoknya, gue terkenal galak dah. Sampe gemeteran kali tu orang kalo gue yang belanja, takut ada aja yang salah di mata gue. Hahahahaha,,,,
Back to the case, seharusnya, kalo emang bisa di hindari makan di daerah tujuan wisata. Atau, kalo ribet bawa bekal, saya sarankan beli roti aja sama air mineral. Kalo pun mau makan makanan khas daerah setempat, jangan nunggu laper. Tanya tanya dulu aja. Foreplay gitu. Coba beli 1 dulu. Tehnik ini berhasil saya terapkan. Dulu waktu ke Ancol makan bakso abal abal 15rebu. Eh, akhirnya dia sendiri (pedagangnyah) yang nurunin harga jadi 6rb. Apalagi, saya ngeluarin duit receh2an, tampang di melas2in, belagak orang susah gitu (padahal mah emang kismin). Kadang, ada tipikal pedagang yang cuek beibeh dan gak mau tau. Ya udah kalo gitu gue sih langsung pasang tampang muka ketekuk tingkat dewa super saiya spesial effect starwars, marah marahin temen, ribut settingan gitu, jadinya kita berantem mulut sama temen, jadinya tu pedagang merasa tersisihkan (hey! saya masih megang panci nih!).
Yah, intinya sih pengendalian diri sih ya (jiaaaaa,,,standar amat). Ya, namanya travelling harus serba terencana, jangan dadakan, pokoknya ya gak ada yang salah untuk berhemat, tapi janganlah terlalu pelit. Niat menghindari makan mahal di restoran bonafide, eh malah kejebak di warung makan ecek ecek gak ada sertifikat ISO nya lagi. Harga mana lebih mahal. Sekali lagi, saya hanya bisa prihatin. Merdeka!!!
No comments:
Post a Comment